Ringkasan Umum STOP AIDS NOW! Proyek Pengembangan Gender Di Tanah Papua (III)

d. Jumlah penerima manfaat langsung setelah pendidik sebaya melakukan sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat umum selama 1 tahun lebih dari 1.000 orang.
4. Ringkasan Umum Project Koalisi Wondama (Yalhimo, Mitra Perempuan Papua dan Pt. Peduli Sehat
Judul Project : Pengembangan Gender Di Kabupaten Teluk Wondama

Berdasarkan pengalaman selama ini, maka untuk implementasi program SAN di wilayah kerja Koalisi Wondama menggunakan PENDEKATAN MULTI PIHAK sesuai dengan kapasitas dan kecakapan masing-masing lembaga.
Namun demikian, upaya Pengembangan Gender melalui Sosialisasi PKDRT, Penguatan Hak Perempuan, Kesetaraan Gender, Pencegahan HIV/AIDS, Identifikasi Kelompok Beresiko Tinggi (High Risk Group HIV/AIDS) dan Pelatihan serta Peyandaran Publik yang berhubungan dengan Program SAN belum pernah dilaksanakan. Oleh sebab itu, Koalisi PROGRAM SAN untuk Kabupaten Teluk Wondama sangat perlu untuk dilakukan. Oleh sebab itu, Bimbingan Teknis (Technical Assisstance) yang dimiliki oleh mitra kerja Yalhimo, yaitu  Lembaga  Mitra Perempuan Papua (MP2) Manokwari sebagai organisasi yang memiliki sumber daya dan kapasitas dalam mendorong upaya pengembangan gender secara khusus “ Sosialisasi Peraturan Perudang-undangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Penguatan Hak Perempuan & Kesetaraan Gender” dan juga mitra “perkumpulan terbatas Peduli Sehat (pt.PS) yang memiliki kapasitas serta kecakapan dalam upaya pengembangan gender, secara khusus “ Pencegahan HIV/AIDS” perlu disinkronisasikan dan sinergistas dengan upaya-upaya kolaborasi serta kerjasama yang sudah ada di wilayah Kabupaten Teluk Wondama.

Outcome benefit/ Keuntungan/Manfaat
Manfaat yang diperoleh partisipant dari “KOALISI STOP AIDS NOW/“KOALISI SAN” untuk Pengembangan Gender Di Kabupaten Teluk Wondama, yaitu :
1.Kelompok Masyarakat Di Kampung-Kampung
– Adanya pemahaman dan mebambah wawasan masyarakat secara khusus kelompok perempuan dan anak perempuan tentang hak-hak perempuan dan kesetaraan gender.
– Tersosialisasinya Peraturan perundang-undangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
2.Jaringan Komunitas MA Wamesa Peduli PSDA “Wi Ma Rawana” :
– Peningkatan Kapasitas dan Wawasan Para Anggota Komunitas “Jaringan Wi Ma Rawana” Di Kabupaten Teluk Wondama.
– Mengembangkan dan membangun kemitraan dan kerjasama Jaringan Komunitas Wi Ma Rawana dengan Mitra MP2 dan pt.PS yang mempunyai kapasitas dan kecakapan dalam upaya pengembangan gender di wilayah ini.
3. Secretariat Office YALHIMO Manokwari :
– Meningkatkan kapasitas dan kemampuan menejerial karyawan di sekretariat  dan jaringan “YALHIMO” tentang Isu-Isu Pengembangan Gender (HIV/AIDS, Hak Perempuan & Public Awareness HIV/AIDS and Gender).
– Menambah wawasan dan meningkatkan kepedulian anggota Yalhimo di sekretariatan dan jaringan tentang Isu-Isu Pengembangan Gender (HIV/AIDS, Hak Perempuan & Public Awareness HIV/AIDS and Gender).
– Mengembangkan kerjasama dan kemitraan antara Sekretariat, Jaringan dan Mirta “YALHIMO”dengan Kemitraan lainnya.
4. Perkumpulan Mitra Perempuan Papua  (MP2) Manokwari :
– Adanya Peningkatan kapasitas dan ketrampilan anggota Mitra Perempuan Papua dalam upaya Pengembangan Gender melalui Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan KDRT, Hak Perempuan dan Gender Di Kabupaten Teluk Wondama.
– Terbangunnya kemitraan dan perluangan jaringan kerja yang lebih luas (expansi program dan scaling up) Mitra Perempuan Papua  ke wilayah Kabupaten Teluk Wondama.
– Terbangun komunikasi dan kemitraan baru MP2 dengan mitra strategis “Yalhimo” di Kabupaten Teluk Wondama, seperti pemerintah Distrik Windesi, Distrik Rumberpoon, LMA Windesi, Bidang Wilayah III Ransiki Balai TN Teluk Cenderawasih dan WWF Program Marine Kantor Lapangan Wasior.
5. Perkumpulan Terbatas Peduli Sehat :
– Adanya Peningkatan kapasitas dan ketrampilan anggota perkumpulan terbatas Peduli Sehat (pt.PS) dalam upaya Pengembangan Gender melalui “Pendidikan & Pelatihan Serta Penyadaran HIV/AIDS Prevention” Di Kabupaten Teluk Wondama.
– Terbangunnya kemitraan dan perluangan jaringan kerja  (expansi program dan scaling up) “perkumpulan terbatas Peduli Sehat atau pt.PS”  ke wilayah Kabupaten Teluk Wondama.
– Terbangun komunikasi dan kemitraan baru pt.PS dengan mitra strategis Yalhimo di Kabupaten Teluk Wondama, seperti pemerintah Distrik Windesi, Distrik Rumberpoon, LMA Windesi, Bidang Wilayah III Ransiki Balai TN Teluk Cenderawasih dan WWF Program Marine Kantor Lapangan Wasior.

Strategi Komunikasi Yang Digunakan
KOALISI PROJECT SAN KABUPATEN TELUK WONDAMA menggunakan pendekatan multipihak yang berasal dari organisasi yang memiliki kapasitas teknis dan kapasitas menejemen serta jaringan kerja di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, yaitu :
Yalhimo, MP2, pt.PS,Wi Ma Rawana, Pemkab Teluk Wondama, Balai TNTC & WWF Marine.

Kelompok Sasaran/Target Group
a.Kelompok Perempuan dan Anak Perempuan pada Kampung-Kampung Di Wilayah Kabupaten Teluk Wondama.
b.Kelembagaan  Sosial Masyarakat dan Lembaga Pemerintahan terkait di Kabupaten Teluk Wondama.

Kegiatan Yang Diajukan Oleh Koalisi Wondama
Maksud Kegiatan    :
Maksud Project  SAN Di Kabupaten Teluk Wondama adalah mendorong program pengembangan gender melalui pendidikan, pelatihan dan penyadaran public tentang peraturan perundang-undangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Hak Perempuan, Kesetaraan Gender dan Pencegahan HIV/AIDS Di  Kabupaten Teluk Wondama.

Tujuan Kegiatan :
1.Meningkatkan penyadaran dan pemahaman Program Pengembangan Gender melalui pendidikan informal, pelatihan dan penyadaran publik tentang PKDRT, Hak Perempuan, Gender & Pencegahan HIV/AIDS pada kelompok perempuan dan anak perempuan di tingkat kampung.
2.Meningkatkan penyadaran dan pemahaman Program Pengembangan Gender melalui pendidikan informal, pelatihan dan penyadaran publik tentang PKDRT, Hak Perempuan, Gender & Pencegahan HIV/AIDS pada aparat pemerintah, TNI, Polri dan Masyarakat Umum di Kabupaten Teluk Wondama.
3.Meningkatkan kapasitas jaringan kerjasama dan kemampuan menejerial serta kemitraan antara NGO/CSO Lokal dengan Pemerintah dan Pihak terkait lainnya.
b.Strategi Objective     :
a.Menfasilitasi Penyadaran Publik tentang Peraturan Perundang-Undangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pada kelompok perempuan dan anak perempuan di Kabupaten Teluk Wondama.
b.Menfasilitasi Pendidikan, Pelatihan Dasar dan Penyadaran Publik Tentang Hak- Hak Perempuan di Kabupaten Teluk Wondama.
c.Menfasilitasi Pendidikan, Pelatihan dan Penyadaran Publik Tentang Gender Di Kabupaten Teluk Wondama.
d.Menfasilitasi Pendidikan, Pelatihan dan Penyadaran Publik Tentang Gender Di Kabupaten Teluk Wondama.

(Bersambung)

Iklan
%d blogger menyukai ini: