Suara Pembaca

BLT Pentingkah?

Banyak pihak menyambut BLT dengan berbagai tanggapan tetapi ada yang menyebut BLT dengan singkatan Bantuan Langsung Teler (BLT). Pasalnya setelah terima uang sebesar Rp 300.000,- para penerima langsung beli miras. Namun ada juga yang memanfaatkannya untuk beli buku maklum anak anak sudah naik kelas butuh buku tulis, pensil dan bolpoint.

Lalu seberapa pentingkah BLT? Penting toh bagi mereka yang mau terima tetapi justru tidak mau mengaku kalau dia benar benar miskin. Bahkan ada juga yang paksa paksa untuk didaftar sebagi keluarga miskin. Beginilah wajah kita kalau mau uang semua mengaku miskin.

Johan W
Dok VIII, Jayapura

Listrik Kenapa Matikah?

Berbicara tentang listrik mati pasti kita orang semua sudah bosan, tetapi lebih baik saya kasih tahu saja. Setiap ada pemadaman listrik pasti tuan tuan di PT PLN Cabang Jayapura berikan informasi kepada para pelanggan atau konsumen. Tetapi pada tanggal 1 Juli pagi di wilayah Waena dan sekitarnya listrik mati dan kemudian menyalah lagi hingga pagi hari. Mengapa sampai listrik bisa matikah? Tolong tuan tuan di PT PLN bisa jawabkah?Benaya M
Waena, Jayapura

Pembalakan Liar Semakin MarakPembalakan liara atau yang lebih dikenal dengan Illegal Logging sepertinya tak pernah surut di Papua. Walaupun pemerintah telah mengeluarkan sanksi terhadap para pelaku pembalakan liar, tetapi sepertinya itu tidak cukup untuk membuat para pelaku Illegal Logging ini menjadi jera. Kenyataannya masih banyak saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini yang nekat melakukan aksinya demi untuk mengeruk keuntungan yang berlipat. Mungkin pemerintah harus lebih tegas lagi dalam menindaki para pelaku pembalakan liar ini, agar mereka benar-benar jera dalam melakukan aksinya. Dan mungkin dengan cara ini bisa mengurangi pembalakan liar yang semakin marak saja. Jangan pemerintah memberi sanksi pada mereka hanya dengan setengah hati saja, karena apa yang mereka lakukan ini selain merugikan Negara juga mengancam kehidupan masyarakat karena akan berisiko menimbulkan bencana bagi penduduk sekitar. Ingat sebagian benca yang sering terjadi, itu dikarenakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa peduli akan kehidupan orang lain di sekitarnya.

Yusak
Argapura
Mengisi Liburan Dengan Kegiatan Yang BermanfaatSekarang libur sekolah telah tiba, walaupun masih ada beberapa sekolah yang masih melakukan aktifitas belajar mengajar, tapi sudah ada sebagian sekolah yang meliburkan muridnya. Itu berarti selama liburan kegiatan belajar para siswa juga berkurang, sebagian para siswa mengisi liburan dengan bermacam-macam kegiatan dengan cara mereka sendiri. Dan sebagai orang tua kita harus tetap memantau kegiatan apa yang mereka lakukan untuk mengisi hari libur mereka, kita harus tetap membimbing mereka dan mengahrakan mereka untuk melakukan aktifitas yang fositif jangan sampai ada diantara anak-anak kita yang justru menyalakan gunakan liburan dengan kegiatan-kegiatan yang hanya akan merusak masa depan mereka sendiri. Kita harus ingat sekarang sudah banyak kalangan pelajar yang terjerat di dunia narkoba. Tentunya semua itu terjadi karena kurangnya pengawasan dan bimbingan orang tua, dan yang pasti kita sebagai orang tua tentunya tidak menginginkan hal itu terjadi pada anak kita. Mungkin dengan sentiasanya kita membimbing mereka dan mengarahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang positif, kita bisa mengurangi dampak negetif dari lingkungan pergaulan mereka yang hanya akan mengorbankan masa depan dan diri mereka sendiri. Karena bagaimana pun juga bimbingan orang tua sejak dini akan sangat berpengaruh terhadap masa depan mereka.Wilson
Polimak

%d blogger menyukai ini: