Iran Dan Afrika Selatan Tawarkan Kerjasama

Jubi – Ekonomi, perdagangan dan pertambangan daya tarik Kabupaten Jayapura. Tujuan dari para Duta Besar (Dubes) ke kabupaten Jayapura ini, adalah untuk melakukan pertukaran pendapat guna menggali potensi-potensi kerja sama antara mereka dengan pemerintah kabupaten yang terkenal dengan julukan bumi Kenambay Umbay.

Demikian dikatakan Mohammad Asruchin,  Direktur Asia Selatan dan Tengah Departement Luar Negeri, pada acara kunjungan Kamis kemarin di Netar Sentani Timur.
“Kami harapkan apa yang telah di sampaikan dalam pertemuan oleh masing-masing Dubes dan perwakilannya dapat ditindak lanjuti, dalam bentuk yang kongkrit berupa kerjasama khususnya dibidang ekonomi, perdagangan dan pertambangan” jelasnya.
Dalam diskusi yang telah dilakukan lanjutnya, telah banyak ditawarkan berbagai bentuk kerjasama, misalnya dari Afrika Selatan menawarkan kerjasama dibidang touries, dari Iran menawarkan kerjasama dibidang pembangkit listrik tenaga air,dan dari Negara lain ada yang menawarkan kerjasama dibidang pertambangan dan produk pertanian.
Dengan berbagai kerjasama yang ditawarkan tadi, untuk selanjutnya tinggal pemerintah kabupaten Jayapura bagaimana untuk menindak lanjutinya,  agar kerjasama tersebut dapat segera terealisasi.
Sementara itu terkait dengan keamanan dan perizinan pihaknya mengatakan, untuk masalah keamanan dan perizinan nantinya diserahkan kepadak pihak pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, yang jadi wewenangnya adalah hanya mencarikan partner dalam mencari peluang dengan Negara lain, karena masalah perizinan ada pada dinas perindustrian dan perdagangan. (Anang Budiono)

Iklan
%d blogger menyukai ini: