Pemkab Berikan Beasiswa Lewat Program P 5

JUBI – Pemberian beasiswa bagi putra dan putri asli Jayapura, untuk bersekolah di luar daerah, hingga sampai ke luar negeri merupakan program dari Pemberdayaan Penelusuran Putra Putri Papua (P5), yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Demikian dikatakan Bupati Jayapura, Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM, kepada Sentani News, di sela-sela kegiatannya saat menerima kujungan beberapa Duta Besar (Dubes), beberapa waktu lalu di Restoran Onggoria Netar Distrik Sentani Timur.
Dijelaskannya, kebijakan ini adalah dalam rangka memberikan perlindungan, percepatan dan pembangunan masyarakat Papua dengan memanfaatkan pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus).
“Program P5 ini untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua, khususnya masyarakat asli Kabupaten Jayapura agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan wilayah dan kemandirian masyarakat” tutur Habel.
Menurutnya, dengan adanya program P5 ini diharap nantinya mampu menciptakan peluang lapangan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain.
Pelaksanaan program P5 ini dimulai pada tahun 2007 lalu dan berkerja sama dengan IPM (Institute Of Publik Management) yang berstandar Internasional dan secara akademis dapat dipertanggung jawabkan.
Dari para peserta P5 yang standar toeflnya tinggi (memenuhi syarat) nantinya akan direkomendasikan untuk dikirim ke luar negeri. Untuk tahun 2008 Bank Papua memberi dukungan untuk pelaksanaan program P5 sebesar 300 juta rupiah yang diperuntukkan bagi program study ekonomi dan akuntansi. (Anang Budiono)

%d blogger menyukai ini: