Pemkot Terapkan Pembelajaran Sains Menarik Di Sekolah

JUBI-Pemerintah Kota Jayapura tengah menerapkan pembelajaran saint (ilmu-ilmu eksakta) yang diramu dalam format yang menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi di lingkup sekolah-sekolah. Hal tersebut merupakan bagian prioritas dalam membangun pendidikan dan meningkatkan mutu.

Walikota Jayapura, Drs M.R Kambu M.Si berujar kalau ingin membangun sector pendidikan yang berkualitas dan bermutu, maka untuk mendukung hal itu tentu harus didukung dengan dana yang memadai. Bukan hanya sekedar menjadi bagian program terus selesai, tetapi harus diperhatikan sarana dan prasarana yang baik pula.
Kambu mencontohkan bahwa ruangan kelas harus layak, sarana penunjang lainnya juga tersedia kemudian guru-guru yang berkualitas yang dibarengi dengan kualifikasi.
“Untuk itulah dalam penerapan program ilmu-ilmu eksakta seperti biologi, fisika dan matematika harus menjadi bagian yang menyenangkan untuk diserap para siswa-siswi. Bagaimana membuat siswa senang juga butuh peran orang tua yang memberikan banyak perhatian untuk anak-anaknya adalam mengembangkan ilmu” terang Kambu disela-sela acara pembelajaran saint menarik dan menyenangkan di aula kantor walikota.
Acara tersebut juga menghadirkan Prof Yohanes Surya, pembina saint dari Jakarta.
Menurut Surya, anak-anak Papua itu sebenarnya paling bagus dalam menyerap dan mempelajari ilmu-ilmu saint. Hal ini bukan tanpa alas an melihat banyak anak Papua yang menjuarai ilmu fisika hingga tingkat dunia. Sehingga dirinya menganggap kemampuan yang menonjol tersebut sangat perlu diasah karena dapat menjadi bagian cikal bakal bagi lainnya.
“Kalau kita lihat kemampuan anak didik dari Papua dalam mengusai ilmu eksakta seperti fisika, matematika dan biologi sebenarnya sangat menonjol disbanding anak dari luar Papua. Hal ini merupakan kekayaan sector manusia yang perlu mendapat pembinaan lebih intensif. Sehingga sang anak didik nantinya juga diharapkan dapat menjadi tutor sebaya bagi teman lainnya” imbuh Yohanes Surya.
(Anang Budiono)

%d blogger menyukai ini: