IRT Yang Semangat Bangun Perpustakaan Masyarakat

JUBI – Guna turut serta membangun sector pendidikan khususnya pendidikan non formal serta meminimalisir angka buta aksara saat ini banyak berdiri unit-unit perpustakaan yang berada di lingkungan masyarakat. Program yang dicanangkan pemerintah tersebut adalah dengan mendirikan taman bacaan masyarakat.

Di wilayah Padang Bulan misalnya, pada pekan lalu telah dibuka secara resmi Unit perpustakaan masyarakat yang bernama “Sahabat” yang secara simbolis pembukaanya dilakukan oleh Kepala Distrik Heram.
Siti Badriyah, pengelola perpustakaan masyarakat yang aktifitas sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga ini mengatakan, kalau pihaknya mengelola perpustakaan di tengah-tengah masyarakat ini bertujuan untuk membantu program pemerintah menekan tingkat buta aksara sebagaimana yang tengah dicanangkan bahwa tahun 2010 mendatang khususnya Kota Jayapura harus sudah terbebas masalah melek huruf bagi masyarakat. Untuk itulah dalam pengelolaan pihaknya tidak memungut uang dari masyarakat.
“Kami membuka perpustakaan untuk masyarakat secara non profit atau gratis, artinya bagi masyarakat yang mau meminjam buku tidak dipungut biaya apapun. Selain sebagai sarana hiburan dan menggali berbagai informasi kami berharap masyarakat dapat menjadikan sebuah bacaan sebagai kebutuhan” ujar Siti yang menggunakan lokasi perpustakaan dengan memanfaatkan halaman depan rumahnya.
Perpustakaan ini berangkat dari pemikirannya bahwa di sekitar kita ternyata tidak sedikit anak-anak usia sekolah yang ternyata kurang beruntung sehingga tidak bersekolah dan memilih membantu orang tuanya mencari nafkah.
Saat ini koleksi buku perpustakaanya sebanyak 210 eksemplar yang di pajang pada 4 rak seukuran pintu ditambah berbagai macam jenis terbitan majalah dan tabloid. Buku-buku tersebut sebagian besar didapatkannya dari membeli dan koleksi pribadinya sendiri, namun ada juga bantuan dari instansi teknis terkait seperti Dinas P dan P Provinsi Papua sebanyak 12 judul, dan yang lainnya bantuan dari teman-temanya. (Yunus Paelo)

Iklan
%d blogger menyukai ini: