Masyarakat Asei Sambut Festival Danau Sentani 2008

JUBI – Walau pun Festival Danau Sentani akan berlangsung Juni 2008 nanti tetapi masyarakat di Kampung Pulau Asei yang terkenal dengan ukiran kulit kayu sudah siapa menyambut peristiwa penting di kawasan Danau Sentani.

Sejak pagi hari masyarakat dari Kampung Ayapo sudah berangkat ke Pulau Asei. Pasalnya pada Kamis (31/1) lalu melalui seniman mereka melakukan pesta adat di Kampung Asei. “ Kegiatan pesta adat ini secara spontan dilakukan oleh para seniman dan masyarakat adat Distrik Sentanii Timur tanpa ada bantuan dari pemerintah distrik,”ujar Agus Ongge pengukir kulit kayu asal Pulau Asei Danau Sentani kepada Jubi di sela sela pesta adat belum lama ini.
Hal senada juga disampaikan Ondoafi Agus Ohee bahwa pesta ini murni partisipasi masyarakat Kampung Asei dan Asei Kescil. “ Minimal dengan pesta adat ini menambah maraknya pesta budaya Danau Sentani,”ujar Ohee.
Kegiatan pesta adat di Kampung Asei mulai dengan tarian dari Kampung Ayapo, Kampung Asei Kecil dan suling bamboo dari Pulau Asei.
Selanjutnya pada Jumat (1/2) di pelabuhan Jahim Sentani dilakukan Pra Festival Danau Sentani.
Meski kegiatan ini tampaknya masih penampilan seadanya dan kurang persiapan tetapi tak mengurani semangat warga kampung untuk berpartisipasi. Kampung Yobe menampilkan atraksi menari di atas perahu sambil menabuh tifa di tengah Danau Sentani. Belum seluruh warga di tepian Danau Sentani yang ikut berpartisipasi dalam pra Festival Danau Sentani. Bagi Andre Liem pramuwisata senior di Jayapura mengaku dengan adanya Festival Danau Sentani minimal bisa memberikan peluang bagi pengembangan parawisata di Kabupaten Jayapura sebab selama ini wilayah Jayapura hanya dijadikan sebagai tempat transit turis sebelum ke Wamena menyaksikan keindahan alam dan pesona Lembah Baliem.
Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Jayapura Alexander Griapon mengatakan dana APBD yang dipersiapkan untuk pelaksanaan Festival Danau Sentani dari pemkab Jayapura sekitar Rp 1,2 Miliar. Menurut rencana Festival Danau Sentani akan berlangsung selama beberapa hari pada Juni 2008 nanti. (Dominggus A. Mampioper/Saut Marpaung)

%d blogger menyukai ini: