Warga Serui Kekurangan Air Bersih

FokerLSMPapua.org
Setelah beberapa waktu lalu kota kembang Serui, ibukota kabupaten Yapen Waropen mengalami kelangkaan BBM khususnya bensin hingga harganya melonjak menjadi 15 ribu perliter dan minyak tanah seharga 5 ribu perliter, kini warga Serui mengalami kelangkaan air bersih.

Kelangkaan air bersih ini merupakan dampak dari banjir yang terjadi pada hari Minggu, 6 Januari lalu. Dampak banjir terasa luar biasa karena selain mengakibatkan rumah warga terendam air dan akibat lainnya, banjir juga mengakibatkan pipa-pipa air di daerah Mantembu patah. Dipastikan warga kota ini untuk beberapa waktu ke depan akan mengalami kekurangan air bersih. Menurut pemerintah daerah setempat, perbaikan pipa-pipa yang rusak diperkirakan baru selesai 3 hingga 6 bulan ke depan karena harus menunggu datangnya pipa baru dari Jawa.
Melihat kondisi tersebut, maka atas instruksi bupati kabupaten Yapen Waropen dilakukan bantuan air bersih untuk warga kota Serui. Menurut petugas yang ikut memberikan bantuan air, kegiatan ini telah dilakukan mulai Selasa 8 Januari 2008. Sebanyak 4 mobil tangki yang dipakai untuk membagi air bersih gratis yang berasal dari mata air Warari di daerah Kelapa Dua Distrik Yapen Selatan.
Hingga berita ini disampaikan menurut warga di Anoutaurei mobil pemadam yang membagikan air bersih baru datang sekali (Senin 14 Januari 2008) dan kemungkinan akan datang 4 hari lagi. Namun warga mengeluh karena pembagian air bersih ini tidak disosialisasikan dengan baik sehingga banyak warga yang tidak mendapatkan pasokan air bersih yang dibagikan tersebut. Selama ini untuk mandi dan sebagainya warga memanfaatkan air kali. Sedangkan untuk air minum warga menggunakan air hujan.
Bencana yang menimpa beberapa daerah di kota Serui juga mendapat perhatian dari Majelis Rakyat Papua (MRP) yang sudah meninjau lokasi mulai Sabtu hingga Senin 12 – 14 Januari. Selain melakukan pertemuan dengan pemerintah anggota MRP juga melakukan kunjungan lapangan di daerah-daerah yang terkena bencana. (Aston S)

Iklan
%d blogger menyukai ini: