Antonov 124 ; Tak Pernah Sepi Dari Order Militer

JUBI – Pesawat Kargo Antonov 124 yang akan digunakan untuk mengangkut roket Polet yang akan membawa satelit dalam program peluncuran satelit dari Pulau Biak, ternyata tak pernah sepi dari order militer.
Antonov 124 Ruslan dirancang oleh ASTC Antonov di Kiev, Ukraina, merupakan pesawat kargo yang sanggup mengangkut lebih dari 150 ton bagasi. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan Aviant State Aviation Plan, Kiev dan Aviastar, Ulyanvsk, Rusia. Pesawat ini telah memecahkan rekor dunia penerbangan diantaranya rekor mengangkut 171,291 Kg diatas ketinggian 10,750 M. Antonov 124 ini didesain untuk penerbangan jarak jauh dan pendropingan alat-alat berat dari udara, diantaranya mesin-mesin perang dan perlengkapan perang. NATO pernah melaporkan bahwa misi penerbangan untuk kepentingan militer Rusia yang menggunakan pesawat Antonov 124 disebut Condor.
Antonov 124-100 menerima sertifikat kelayakan penerbangannya pada tahun 1992. Volga-Dnieper Airlines Rusia memiliki 10 buah Antonov 124. Polet Airlines Rusia mengoperasikan delapan buah Antonov-124, salah satunya akan beroperasi di Biak nanti.
Sejak diperkenalkan tahun 1986, pesawat Antonov 124 tak pernah sepi dari order militer. Baik untuk kepentingan militer Rusia sendiri, negara-negara Eropa hingga Amerika Serikat. Misi-misi militer Amerika di Afrika beberapa kali mencatat penggunaan pesawat Antonov 124. Pada bulan Februari tahun 2006, NATO menandatangani kontrak untuk menggunakan Antonov 124, dibawah Strategic Airlift Interim Solution (SALIS), dari Ruslan SALIS GmbH (perwakilan Antonov dan Volga-Dnepr). Dua pesawat berbasis di Leipzig airport dan empat lainnya masih dalam penjajakan. Kontrak ini berlaku selama tiga tahun dan kemudian akan diperbaharui setiap tahun hingga tahun 2012. Selain itu, The US Air Mobility Command selama ini telah menyewa Antonov 124 dari Volga-Dnieper sejak tahun 2003 untuk transportasi alat-alat berat mereka.*

%d blogger menyukai ini: