YKPSM : Bangun Perpustakaan Mini dan Bea Siswa

JUBI – Letaknya tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Abepura di jalan Merauke 72 Kamp Key Distrik Abepura Kota Jayapura. Di kantor YKPSM–Papua, wartawan Jubi diterima oleh Alberthino Imbiri anggota dewan pengurus YKPM –Papua.
“Memang dulu sewaktu Pak Budi Setyanto masih menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Foker kami sudah menyampaikan surat dan laporan kegiatan kepada Foker LSM Papua agar bisa terdaftar sebagai partisipant Foker,” ujar Alberthino Imbiri, S.Sos kepada Jubi di ruang kerjnya belum lama ini.
Lembaga ini mulai beraktivitas sejak 21 Desember 2001 dengan program kerja meliputi bidang pelayanan kesehatan, kesejahteraan social dan pendidikan, khususnya pengelolaan bea siswa. Selain itu juga dalam rencana ke depan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sampai ke daerah pedalaman.
“Sampai saat ini kami sudah menyalurkan bea siswa kepada 23 siswa termasuk kepada beberapa mahasiswa di Sekolah Tinggi Pertanian Aquino Sentani,” ujar Alberthino, sarjana antropologi lulusan Fisip Universitas Cenderawasih (Uncen).
Menurut dia selain memberikan bantuan beasiswa pihaknya juga sedang membangun beberapa perwakilan antara lain di Kabupaten Sarmi, Waropen dan Keerom. “Bentuk jaringan yang kita bangun dalam bentuk jaringan perpustakaan mini keluarga,” ujar Imbiri.
Aktivitas YKPM-Papua selama ini selain mendapat bantuan dari luar negeri khususnya para pihak di Amerika Serikat (USA) juga pernah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
“ Kalau di bidang informasi, penelitian dan dokumentasi dilakukan dengan membangun perpustakaan mini bagi pelajar,” ujar Imbiri. (Dominggus A. Mampioper)

%d blogger menyukai ini: